Enter your keyword

post

TAUSIAH SINGKAT SYAIKH FAHD DAN SYAIKH SAAD

TAUSIAH SINGKAT SYAIKH FAHD DAN SYAIKH SAAD

Syaikh Fahd bin Isa Al Anazi dan Syaikh Saโ€™ad bin Habib Al Anazi adalah dosen Universitas Islam Madinah. Keduanya berkesempatan berkunjung ke IHBS Senin (24/7/2017) siang atas undangan Ustadz Zainal Abidin Syamsuddin. Sedianya Syaikh Khalid As-Subaity juga berkenan datang akan tetapi beliau berhalangan hadir.

Setelah kunjungan dan tausiah singkat di SMA IHBS qabla zuhur, usai makan siang keduanya diminta mengisi kajian rutin untuk para guru dan pegawai IHBS di Masjid SMP. Bertindak selaku penerjemah adalah Al Ustadz Fauzi Junaidi, Lc. Dalam kesempatan yang sangat singkat tersebut, kedua beliau menerangkan kemuliaan seorang yang berprofesi sebagai pendidik, karena sebaik-baik orang adalah yang belajar Al-Qur`an dan mengajarkannya.

Demikian pula disebutkan di dalam hadis, seseorang yang mengajarkan kebaikan akan disebut-sebut namanya di sisi Rabbul โ€˜Alamin dan didoakan kebaikan oleh seluruh makhluk. Kemudian hendaknya seorang pendidik mengajarkan apa yang telah dia amalkan, sehingga tidak termasuk ke dalam ancaman Allah sebagai orang yang mengatakan apa yang tidak dia perbuat.

Dalam sesi tanya jawab seorang penanya menyoal keadaan sejumlah pelajar yang kurang bersemangat belajar ilmu agama dan lebih antusias belajar ilmu umum. Syaikh Fahd menjawab bahwa jika seseorang bersemangat mempelajari ilmu-ilmu umum maka hal itu tidaklah mengapa dan baik adanya, selama bermanfaat bagi dirinya. Akan tetapi ia tetap wajib belajar ilmu agama karena dengan itu ia bisa beribadah kepada Allah dan mengetahui hukum-hukum syarโ€™i. Sedangkan kita diciptakan di dunia ini untuk beribadah kepada Rabb kita.